7 Destinasi Ini Wajib Kamu Datangi Jika Kamu Berkunjung ke Blitar

7 Destinasi Ini Wajib Kamu Datangi Jika Kamu Berkunjung ke Blitar

Kamu pecinta traveling, sekaligus senang dengan hal-hal yang sehubungan erat dengan sejarah? Kini saatnya kamu berangjangsana ke Blitar, merasakan sajian alam dan wisatanya yang pantang andai kamu lewatkan.

Blitar mempunyai dua wilayah, kota dan kabupaten. Kota ini dikenal dengan tidak sedikit sebutan. Kota Patria, Kota PETA (Pembela Tanah Air), pun Kota Koi. Di samping itu, Blitar pun mempunyai julukan sebagai Bumi Laya Ika Tantra Adhi Raja, atau lokasi pusara raja-raja agung yang berdaulat.

Nah, berikut 8 tujuan yang wajib anda kunjungi andai kamu datang ke Blitar.

1. Makam Bung Karno

Siapa yang tak kenal sosok Bung Karno? Di Kota Blitar inilah lokasi disemayamkannya jasad presiden kesatu Indonesia itu. Kamu dapat berziarah di Makam Bung Karno, seraya menyusuri pasar “ular”. Pasar yang menyediakan ragam oleh-oleh, makanan, kerajinan, pun pernak-pernik beda yang pastinya khas Kota Blitar. Jangan khawatir, makam Bung Karno dimulai 24 jam. Sehingga pukul berapapun anda datang, kamu dapat berziarah tanpa fobia ada jam malam.

Kamu dapat berziarah sekaligus memperingati jasa-jasa Bung Karno dengan mendatangi Museum Bung Karno. Di dekat pintu masuk museum, ada patung Bung Karno yang gagah. Museum ini menyimpan foto-foto, patung, miniatur, lukisan, buku-buku dan dokumentasi, dan segala bukti jasmani yang merekam perjalanan hidup sang pahlawan proklamator. Di museum ini pula terapat bendera sang saka merah putih yang dipakai untuk menggelar upacara kebebasan pada 17 Agustus 1945 silam.

Di samping museum, anda juga dapat mengunjungi Perpustakaan Nasional Bung Karno. Perpustakaan ini menyimpan tidak sedikit koleksi, dengan layanan dimulai sejak hari Senin sampai Jumat, pukul 09.00-15.00 WIB.

Di Jalan Sultan Agung 49, tak jauh dari area makam Bung Karno, anda juga dapat mengunjungi Istana Gebang, yaitu lokasi tinggal yang pernah ditempati Bung Karno saat masih kecil. Berbagai perabotan lokasi tinggal serta dekorasi jaman dulu masih teratur rapih di tepat dengan luas distrik 1.5 hektar ini. Kamu tak perlu menunaikan tiket guna masuk ke area ini. Cukup dengan parkir andai kamu membawa kendaraan pribadi.

2. Candi Penataran

Selamat!! Karena ketika anda berada di Blitar, kamu dapat mengunjungi Candi Penataran. Candi bergaya arsitek Hindu yang adalahcandi tertinggi di Jawa Timur. Konon, di candi inilah lokasi disimpannya abu dari Ken Arok, pendiri kerajaan Singasari, dan pun abu dari Raja Kertarajasa Jayawardhana, pendiri Kerajaan Majapahit. Dari prasasti yang ada, diduga candi ini sudah berdiri semenjak masa Kerajaan Kadiri yakni tahun 1200 masehi.

Pada masing-masing tiga bulan sekali di bulan purnama, kamu dapat menyaksikan perhelatan yang disajikan oleh Dewan Kesenian Blitar. Ialah Purnama Seruling Penataran. Sajian perhelatan seni yang tak pernah sepi dari trafik masyarakat Blitar dan sekitarnya.

3. Makam Syekh Subakir

Meskipun tidak sedikit perdebatan tentang di mana disemayamkannya jasad dari Syeh Subakir, tetapi makam ini tak pernah sepi peziarah. Sosok pembabad tanah Jawa ini rupanya membawa magnet tersendiri untuk para pengunjung yang hendak berziarah dan berwisata religi. Syekh Subakir dikenal sebagai tetua tanah Jawa sekaligus figur yang mengajarkan agama Islam di tanah Jawa.

Letak makam Syekh Subakir lumayan dekat dari perumahan candi Penataran. Dari candi Penataran, kamu dapat berziarah ke makam ini dengan melulu berjalan kaki sambil merasakan lingkungan alam Desa Penataran yang asri dan masyarakatnya yang ramah.

4. Telaga Pacuh

Ini dia tempat untuk kamu yang gemar sekali dengan panorama alam yang adem, dan pastinya nggak ramai dengan tidak sedikit manusia. Awalnya melulu telaga biasa, namun sejumlah waktu belakangan, Telaga Paco dimulai sebagai lokasi wisata untuk masyarakat setempat. Nggak butuh effort lebih untuk dapat sampai di lokasi ini. Wisata Telaga Paco terletak di pinggir jalan raya, tepatnya di Desa Pacuh, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Kamu dan teman-temanmu tak perlu menunaikan tiket guna masuk area Telaga Paco. Cukup dengan menunaikan parkir kendaraan pribadi, Tempatbet55 kalian dapat bersantai seharian. Jangan khawatir, sebab kawasan danau ini dilengkapi dengan lokasi duduk-duduk menghadap ke telaga. Cocok untuk anda yang suka baca di ruang tersingkap yang tak tidak sedikit manusia. Ada pun taman kecil yang dapat kamu manfaatkan untuk melangsungkan tikar dan merasakan bekal di sana. Menarik, bukan?

5. Gunung Kelud

Meskipun secara administratif pariwisata Gunung Kelud dikelola oleh Kabupaten Kediri, tetapi dari Blitar anda sangat dapat mengunjungi Gunung Kelud. Jangan khawatir anda harus membawa carier dan ransel besar untuk memanjat gunung ini, ya. Gunung Kelud melulu memiliki elevasi 1.731 mdpl. Namun demikian, panorama alam di sana paling sayang andai kamu lewatkan.

Kamu dapat membawa kendaraan bermotor atau jeep, dan memarkirnya di lokasi parkir Gunung Kelud. Kemudian dapat mendaki atau turun ke lokasi kawah dan merasakan pemandangan di sana. Di area Gunung Kelud pun ada aliran alir panas dan dingin masih di lokasi yang sama.

6. Rambut Monte

Rambut Monte. Namanya tersiar aneh, bukan? Namun ketika anda mengunjungi lokasi ini, dijamin sekian banyak penat bakal hilang. Rambut monte merupakan area telaga dengan air berwarna biru tosca, yang diisi dengan ikan-ikan “dewa”. Telaga ini terletak di dataran tinggi, dan dikelilingi dengan sawah dan pepohonan besar yang menjulang tinggi.

7. Berbagai wisata pantai

Kabupaten Blitar berbatasan langsung dengan pantai selatan. Sehingga tak heran, akan tidak sedikit jenis pantai yang dapat kamu kunjungi andai kamu pergi ke Blitar. Di antara pantai-pantai yang recommended itu merupakan pantai Tambakrejo, pantai Pangi, Pantai Serang, pantai Jolosutro, pantai Peh Pulo, dan masih tidak sedikit pantai lainnya.

Salah satu yang unik untuk dikunjungi merupakan pantai Peh Pulo. Pantai ini tidak jarang dijuluki dengan Raja Ampat-nya Blitar. Jika anda naik ke bukit di pantai ini, kamu dapat melihat hamparan birunya air laut di pantai selatan, serta sesekali menyaksikan penyu yang berenang di dalamnya.

Jika kamu berangjangsana ke pantai ini, pastikan sejumlah bekal sudah anda bawa, ya. Karena pantai ini belum dimulai sebagai lokasi wisata, sampai-sampai belum terdapat penjaja yang meluangkan makanan di lokasi pantai ini. Akses mengarah ke pantai juga lumayan susah, hanya dapat dilewati dengan kendaraan roda dua. Namun, segalanya bakal terbayar ketika anda telah hingga di Peh Pulo.

Demikian destinasi-destinasi yang tak membutuhkan effort besar yang dapat kamu kunjungi di Blitar. Masih tidak sedikit tempat-tempat unik lainnya yang dapat kamu kunjungi di Blitar. So, kutunggu kedatanganmu di Blitar, ya J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *